PENYAMPAIAN PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAAT DOSEN VOKASI TAHUN 2021

Di awal Tahun 2022, pada beberapa Politenik di Indonesia terus melakukan pematangan terhadap pemahaman Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Vokasi Tahun 2021 yang di keluaran Direktorat Akademik PTV, Ditjen Diksi untuk diketahui secara teknis dalam pengusulan proposal penelitian kompetetif nasional yang akan didanai oleh Ditjen Diksi. Antusias dalam kegiatan tersebut tercermin dari peserta yang hadir dan menanyakan berbagai hal teknis dalam pengusulan. Narasumber yang dihadirkan selain memberikan penyampaian panduan juga memberikan beberapa strategi teknis dalam penulisan proposal yang diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada para peserta yang berasal dari para dosen vokasi Indonesia untuk mendapat referensi dalam persiapan proposal yang sementara dibuat. Adapun Politeknik yang giat menyelenggarakan penyampaian Panduan Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyaraat Dosen Vokasi Tahun 2021 antara lain Politeknik Negeri Samarinda, Politenik Negeri Fak Fak, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Negeri Banyuwangi.

Dalam kegiatan tersebut Direktur Akademik PTV, Ditjen Diksi Bapak Dr. Benny Bandanadjaja, S.T, M.T menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk terus digiatkan pada level internal dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten di lingkungan kampus masing-masing dan jika dibutuhkan bisa meminta narasumber tim pakar dari Direktorat Akademik PTV, Ditjen Diksi. “Kegiatan ini menjadi penting untuk bisa memastikan kualitas proposal para pengusul dapat terlaksana dengan baik dan proposal-proposal yang didanai memang sangat ideal untuk mendapat dukungan pendanaan yang tersedia”, tegas Benny. Disela-sela sambutannya, Benny berharap penyerapan dana untuk pendanaan penelitian dan pengabdian termaksud juga untuk Matching Fund bisa terserap baik dengan kompetitif yang memadai”.

Selanjutnya dalam arahan yang disampaikan para ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari kampus penyelenggara kegiatan yaitu, Dr. Amiril Azizah, Arga Ramadhana, S.E., MA, Dr. Tedjo Mulyono dan Endy Saiful Haq, S.T, M.Kom secara umum mengatakan bahwa kegiatan ini untuk memastikan kesiapan usulan proposal dari rekan-rekan dosen di lingkungan Politeknik masing-masing. Lebih lanjut, Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi, Bapak M. Shofi’ul Amin, S.T., M.T menyampaikan upaya-upaya strategi yang dilakukan Politeknik Negeri Banyuwangi, baik dilaksanakan secara internal dan eksternal yang melibatkan semua pihak civitas akademika dengan kekuatan sumberdaya program studi yang bervariasi. Pada kesempatan ini Shof’ul juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur Akademik PTV, Ditjen Diksi dan narasumber kegiatan. Adapun salah satu narasumber yang dihadirkan adalah salah satu penyusunan Panduan tersebut yaitu Prof. Adrianus Amheka yang juga adalah ketua ISAS.

Humas ISAS

Leave a Comment