About

Puji syukur hanya kepada Allah yang menggenggam segala urusan baik di dunia dan akhirat.

Indonesian Society of Applied Science (ISAS) adalah perkumpulan masyarakat sains terapan Indonesia yang terbentuk pada konsorsium Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri seluruh Indonesia di bawah koordinasi Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia. Pendirian ISAS telah melibatkan 43 Politeknik Negeri di seluruh Indonesia, dengan komitmen bersama untuk memajukan pengembangan sains terapan dan pendidikan vokasi di Indonesia. Keabsahan ISAS sebagai sebuah perkumpulan ditandai dengan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No, AHU-0011316.AH.01.07 tahun 2019.

Terbentuknya ISAS pada tanggal 8 bulan November tahun 2019, diawali dari Forum Ketua Pusat atau Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri di Indonesia, dimana tugas pokok dan fungsinya adalah mengembangkan bidang riset dan pengabdian masyarakat, forum ini merasa perlu untuk bermetamorfosis dari lingkup terbatas menjadi wadah bagi semua pelaku dan pengembang vokasi yang bukan hanya di Politeknik Negeri saja. Gagasan ini telah mendapat dukungan penuh dari Forum Direktur Politeknik Negeri se Indonesia (FDPNI) untuk akhirnya dapat direalisasikan.

ISAS adalah perkumpulan yang menjadi wadah bagi seluruh pegiat vokasi, dimana selalu dituntut untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan. ISAS bertujuan untuk berperan dalam menghasilkan inovasi dan mengembangkan kreativitas pegiat vokasi di Indonesia. ISAS akan memberikan berbagai informasi yang berkaitan dengan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, peluang riset kolaborasi, pertemuan ilmiah berskala nasional dan internasional, jurnal berkala nasional dan internasional, peluang kerjasama dengan industri, dan informasi lainnya yang dapat memotivasi dan mendukung pengembangan sains terapan di Indonesia.

Dengan semangat kebersamaan dan mengajak semua pelaku vokasi, maka ISAS telah mempunyai kegiatan rutin tahunan berupa konferensi nasional Sentrinov dan konferensi internasional iCAST. Dan telah terbentuk jurnal nasional dan internasional sebagai penampung karya tulis pelaku vokasi.
Tidak hanya kegiatan riset yang bermuara kearah publikasi, namun ISAS akan terus berupaya menciptakan karya nyata dengan melakukan riset berkelanjutan sehingga menjadi produk prototipe yang terdaftar sebagai kekayaan intelektual yang siap diproduksi bekerja sama dengan industri.
ISAS terus berkembang menjadi sarana pengungkit dan penyetara kemajuan teknlogi terapan di Indonesia yang berkolaborasi dengan pelaku vokasi baik tingkat Nasional maupun Internasional dalam lingkup tidak hanya terbatas pada ruang lingkup penta-helix.
Dukungan semua pihak menjadi kunci kemajuan organisasi ISAS, semoga dengan dukungan dari “extra ordinary people” baik sebagai pengurus maupun anggota aktif tidak pernah pupus untuk terus mengembangkan kemajuan teknologi demi peningkatan kualitas hidup bangsa Indonesia.

Tujuan ISAS

  1. Melakukan kegiatan-kegiatan yang bersifat menggali ide-ide inovatif yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.
  2. Melakukan kegiatan-kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat baik secara mandiri di setiap institusi masing-masing maupun kolaborasi antar institusi nasional dan atau internasional.
  3. Melakukan kegiatan-kegiatan konferensi ilmiah baik bersifat nasional maupun internasional.
  4. Menerbitkan jurnal baik skala nasional maupun internasional.
  5. Melakukan kompetisi keahlian secara nasional.
  6. Melakukan Kegiatan-kegiatan pameran produk hasil riset dari para anggota.
  7. Memberikan reward kepada para pengembang teknologi terapan yang digunakan di masyarakat dan industri.

Visi dan Misi ISAS
Visi

Terciptanya kolaborasi dan sinergi para pengembang teknlogi terapan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Misi
Untuk mewujudkan visi yang akan dicapai, maka dijabarkan ke dalam beberapa hal, yaitu:

  1. Membangun kolaborasi penerapan teknologi terapan secara luas untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.
  2. Mengorganisasi kegiatan peningkatan publikasi ilmiah dan Kekayaan Intelektual sebagai bagian dari luaran hasil riset.
  3. Mengadakan kegiatan yang bersifat meningkatkan kompetensi keahlian di berbagai disiplin ilmu terapan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ISAS Menyelenggarakan usaha-usaha dan kegiatan sebagai berikut:

  1. Pengelolaan tata laksana organisasi dan keanggotaan secara profesional berbasis teknologi informasi.
  2. Kolaborasi penelitian dan pengabdian masyarakat, antara institusi pendidikan, pemerintah dan industri.
  3. Kolaborasi untuk mendapatkan dan pengelolaan kekayaan intelektual sebagai upaya komersialisasi hasil penelitian.
  4. Pelaksanaan konferensi dan diseminasi hasil riset baik skala nasional maupun Internasional secara periodik.
  5. Penerbitan jurnal secara periodik baik nasional maupun internasional.
  6. Layanan konsultasi perencanaan dan penerapan teknologi terapan, ekonomi, seni, budaya, dan sosial.
  7. Pelaksanaan pameran produk terapan bidang teknik, ekonomi, seni, budaya, dan sosial.
  8. Pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi keahlian melalui lomba, pelatihan, webinar serta tutorial dalam jejaring.
  9. Kegiatan yang bersifat penghargaan dalam bentuk reward maupun beasiswa bagi pengembang yang telah menerapkan teknologi, ekonomi, seni, budaya, sosial.
  10. Kegiatan sosial sebagai bagian dari corporate social responsibility.

Sambutan Chair of ISAS

Langkah awal untuk mewujudkan visi ISAS dan mencapai tujuan ISAS disampaikan dalam sambutan Chair of ISAS – Dr. Ir. Anang Tjahjono, MT yang telah lama berkiprah sebagai pegiat vokasi dan memiliki spesialisasi pada bidang teknologi informasi khususnya artificial intelligence, berikut sambutan Chair of ISAS,

“Alhamdulillah…. Segala puji kami haturkan kepada Allah, atas semua ridho dan karuniaNya kami diberi amanah untuk mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup manusia.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang selalu berupaya menjadi insan yang bermanfaat untuk kehidupan ini, karena kita telah diberikan akal untuk selalu menciptakan ide dan merealisasikan ide itu menjadi sebuah karya nyata yang dapat dimanfaatkan bagi kehidupan ini.

Organisasi ISAS dibangun dengan tujuan mulia, yakni secara bersama-sama kita berkolaborasi dengan latar belakang rumpun ilmu yang berbeda, kita sinergikan menjadi kekuatan maha dahsyat yang mampu memberikan solusi dari semua permasalahan hidup yang kita hadapi.

Kesiapan menerima ilmu dari Maha pemilik ilmu harus selalu kita siapkan, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang dibagikan kepada orang lain dan mampu memberikan kemanfaatan bagi kehidupan, bukan ilmu yang disimpan bagi dirinya sendiri.

ISAS terus melaju untuk memberikan azaz kemanfaatan bagi kehidupan ini melalui teknologi cerdas yang melibatkan semua lini disiplin ilmu, dengan melakukan kolaborasi mulai dari ide, proses hingga implementasi real di laboratorium kehidupan yang sedang kita jalani ini.

Marilah kita optimasikan “waktu hidup” yang diberikan oleh pemilik kehidupan untuk selalu menciptakan karya-karya nyata yang terbaik sebagai hasil kerja keras dan kerja cerdas kita. Biasakan selalu menanyakan kepada diri kita detik demi detik tindakan reall apa yang telah kita berikan kepada kehidupan ini.

Kebersamaan dalam mengintegrasikan ide hingga berhasil tercipta maha karya baru yang bermanfaat, harus selalu kita gali dengan mengupayakan berbagai usaha dan cara yang pintar.

Kami mengajak kepada semua pihak untuk berkarya tanpa batas melalui organisasi ISAS,sebagaimana slogan kami ISAS is thirsty for people who are eager to be useful to others, we are all extraordinary people”.

Semoga semua yang kita lakukan untuk mengembangkan organisasi ke depan selalu diberikan kemudahan karena ridho dan hidayahNya…. Aamiin”.

https://ningbaya.poltekkesdepkes-sby.ac.id/user/slot-gacor-terbaik/ https://hmif.itenas.ac.id/public/maxwin/ https://lpm.usp.ac.id/dana/ https://kursusvmlepkom.gunadarma.ac.id/local/demo/ https://bkd-nonsertifikasi.uinmataram.ac.id/js/slot-gacor-terpercaya/