SINERGITAS ISAS SEBAGAI WADAH INSAN VOKASI INDONESIA

Bandung, 26-28 Mei 2022– Selama tiga hari sejak tanggal 26 s.d. 28 Mei 2022, para Kepala Pusat/Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ka. P3M/UP2M) melaksanakan Rapat Koordinasi bersama para Koordinator ISAS. Kegiatan ini berlansung dengan dukungan penuh Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonsia (FDPNI) sebagai Pengarah dari ISAS dan Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung sebagai tuan rumah kegiatan. Dalam rapat yang diselenggarakan di Hotel 101 Dago Bandung tersebut dihadiri oleh semua kepala P3M/UP2M perwakilan dari 45 Politeknik Negeri se-Indonesia.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua FDPNI, Bpk. Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T yang juga merupakan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya dan dihadiri sejumlah pengarah dan pengawas ISAS antara lain: Dr. Zainal Arief, S.T, M.T yang juga selaku Direktur Politeknik Teknologi Nuklir dan Dr. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono, M.T. selaku Direktur Politeknik Negeri Bandung (Polban).

Dalam sambutan Ketua FDPNI menyampaikan dukungan kepada konsorsium Ka. P3M/UP2M dalam ISAS untuk pelaksanaan kegiatan/program yang tidak overleap sehingga efisiensi dan efektifitas terlaksana. Lebih lanjut beliau mengharapkan melalui ISAS dapat memberikan ruang kepada Politeknik-Politeknik lain atau Politeknik yang masih baru untuk merespon percepatan kinerja penelitian dimana esensinya berupa luaran riset, oleh karena dalam akreditasi perguruan tinggi/program studi masih memberikan bobot besar pada Penelitian dan Pengabdian secara proporsional. “Muara dari Pendidikan Tinggi Vokasi (PTV) adalah teknologi yang adalah gabungan dari inovasi, dan koloborasi dari berbagai bidang dan ini penting untuk dijalankan oleh P3M/UP2M melalui ISAS”, imbuh Dr. Ing Taqwa, M.T., selanjutnya Dr. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono menyampaikan perlu penguatan pada Jurnal Internasional menuju bereputasi internasional dengan mengedepankan fungsi koloborasi yang intensif. Dalam hal ini Polban mempunyai rekam jejak yang baik untuk hal ini sehingga akan mendukung ISAS dalam hal pengembangan Jurnal ISAS menuju bereputasi Internasional. Beliau juga menyampaikan riset-riset terapan terdepan perlu diberi ruang untuk adanya kemitraan yang kuat antara peneliti, seperti contoh penelitian bertema Bahan bakar hidrogen.

Selanjutnya Dr. Zainal Arief menyampaikan riset-riset dari PTV diharapkan bisa diarahkan untuk luaran dalam bentuk paten melaui penguatan Sentra Kekayan Intelektual, penguatan jejaring peneliti. Namun demikian arah penelitian vokasi perlu terus membentuk karakter yang sesuai.

Pada hari yang kedua menghadirkan paparan dari Direktur Akademik PTV, Ditjen Vokasi, Kemdikbudristek yang mewakili Dirjen Vokasi yakni Dr. Benny Bandanadjaja. Dalam arahan dan paparannya, beliau menyampaikan bahwa riset-riset vokasi akan terus diarahkan pada riset terapan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri. “Pemerintah akan terus memberikan dukungan dan fasilitiasi pendanaan untuk riset-riset terapan dengan memperhatikan novelty dan kebutuhan masyarakat/industri” tegasnya. Beliau berharap unit/pusat penelitian pada PTV masing-masing bisa menjadi pionir pada riset-riset terapan sesuai dengan arah kebijakan pemerintah khususnya PTV. Selanjutnya arahan dari koordinator penelitian dan pengabdian pada masyarakat FDPNI, Prof. Totok Prasetyo yang juga selaku Direktur Politeknik Negeri Semarang, beliau menyarankan riset-riset dari ISAS termaksud konferensi yang dilaksanakan perlu dikawal terus kualitasnya dan publikasi dari publisher yang tepat waktu tentunya dengan koordinasi yang baik dan efektif serta kedepan ISAS terus menjadi asosiasi profesi vokasi yang memberikan kontribusi nyata dan masif bagi vokasi Indonesia.

Dalam kegiatan selama tiga hari tersebut, selain paparan persiapan iCAST dan Sentrinov 2022 yang disajikan oleh Dr. Yogi Muldani Hendrawan dari Polman Bandung dan Ida Bagus Dharmawan, S.T., M.Si dari Politeknik Negeri Balikpapan, juga telah disepakati oleh seluruh kepala P3M/UP2M yang hadir, bahwa ISAS menjadi wadah konsorsium resmi P3M/UP2M sesuai peruntukannya yang tertuang melalui program/kerja yang sesuai dengan arah panguyuban forum Ka.P3M/UP2M. Pada kesempatan ini juga mendapat dukungan dari perwakilan Pimpinan Politeknik Negeri yaitu Wakil Direktur Bidang Akademik dari Politeknik Negeri Manado, Polman Bandung, dan Polban, yang juga selaku koordinator bidang dari beberapa bidang kerja ISAS yaitu Dr. Tineke Saroinsong, Dr. Pipit Anggraeni dan Prof. Noor Cholis Basjaruddin. Disela-sela kegiatan, ada juga paparan dari Dr. Yuhefizar E. Lintau dari Politeknik Negeri Padang yang juga merupakan pengurus pusat PII berkaitan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI).

Akhir kegiatan teridentifikasinya program/kerja ISAS yang selanjutnya akan dimatangkan pada diskusi-diskusi mendatang. Adapun ketua ISAS, Prof. Adrianus Amheka menyampaikan apresiasi yang tinggi-tingginya bagi semua pihak yang telah mendukung ISAS, terkhusus FDPNI, para personil menejemen ISAS dan terutama bagi konsorsium panguyuban Ka.P3M/UP2M yang mempercayai ISAS sebagai wadah komunikasi resmi antara ka. P3M/UP2M Politeknik se-Indonesia.

Sumber: Humas ISAS

Leave a Comment

https://ningbaya.poltekkesdepkes-sby.ac.id/user/slot-gacor-terbaik/ https://hmif.itenas.ac.id/public/maxwin/ https://lpm.usp.ac.id/dana/ https://kursusvmlepkom.gunadarma.ac.id/local/demo/ https://bkd-nonsertifikasi.uinmataram.ac.id/js/slot-gacor-terpercaya/