Brainstorming Pengetahuan Pembelajaran berbasis COIL dan Deklarasi Dewan Guru Besar Ilmu Terapan (Vokasi) Indonesia.

Bali, 27 Juli 2022 – Selama 2 (dua) hari berturut-turut 26-27 Juli 2022 menjadi momen penting bagi Para Profesor Ilmu Terapan (Vokasi) yang berasal dari Politeknik Negeri se-Indonesia yang berkumpul di Politeknik Negeri Bali (PNB) sebagai tuan rumah pelaksanaan Pertemuan dengan Tema: Sosialisai dan Brainstorming pengetahuan pembelajaran berbasis Collaborative Online International Learning (COIL). Kegiatan ini diselenggarakan atas Kerjasama antara ISAS dan PNB dengan dukungan penuh dari Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI). Nara sumber yang dihadirkan antara lain: Dr Maria Anityasari dari Dit. Kemitraan Global ITS, Camile Bourdais sebagai Direktris Alliance Française (AF) Bali, Dr. I Ketut Budarma sebagai Kepala Urusan Kerjasana PNB, Pak Jimy dari Dit. Kelembagaan dan Sumber Daya (KLSD), Ditjen Vokasi, Kemdikbudristek, Prof. Dr. Totok Prasetyo, B.Eng (Hons), M.T., IPU, ACPE sebabagai Direktur Politeknik Negeri Semarang sekaligus mewakili FDPNI dan Dr. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono sebagai Direktur Politeknik Negeri Bandung. Adapun sehari sebelum kegiatan, dimulai dengan makan malam bersama antara para Professor Vokasi dengan Direktur PNB dan tim sebagai tuan rumah, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan DUDI, Ditjen Diksi, Kemdikbudristek, para Narasumber serta tamu undangan lainnya.

Ucapan selamat datang dari Direktur PNB, Bpk. I Nyoman Abdi SE M eCOM kepada para hadirin yang akan mengikuti kegiatan brainstorming pengetahuan pembelajaran berbasis COIL dan berterima kasih kepada segenap panitia dari ISAS dan PNB, khususnya kepada Prof.Dr.Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg ketua panitia lokal yang telah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Adapun Direktur Mitras DUDI, Kemdikburistek mengatakan kegiatan yang dilaksanakan diharapkan akan memberikan dampak baik bagi kemajuan Pendidikan Tinggi Vokasi dalam berbagai hal, dan pemberdayaan regenerasi sumber daya manusia vokasi menjadi sangat penting.

Adapun dalam kegiatan pada 26-27 Juli di PNB, para narasumber Dr Maria Anityasari dan Dr. I Ketut Budarma telah memberikan best practice sharing and information dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis COIL dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran online sekaligus menjadi nilai tambah menuju Internasionalisasi PTV. Selanjutnya pak Jimy dari Dit. KLSD, Kemdikbudristek menyampaikan informasi kebijakan karir dosen vokasi dan strategi dalam rangka mempercepat karir menuju Profesor Terapan. Sedangkan Camile Bourdais menyampaikan berbagai program dari Pemerintah Perancis dalam bentuk kemitraan dengan Indonesia bidang Pendidikan dan Kebudayaan yang memungkinkan untuk dijalankan di PTV di Indonesia melalui lesson learned dari keberhasilan PTV di Perancis.

Direktur Mitras Dudi, Kemdikbudristek
Pengurus ISAS. (Kiri ke kanan), Mike Yuliana, Pipit Angraeni, Adrianus Amheka dan Tineke Saroinsong
Direktur Politeknik Negeri Bali

Selanjutnya Prof. Totok Prasetyo menyampaikan berkaitan generik kompetensi yang merupakan kebutuhan bagi setiap insan vokasi dimasa kini dan mendatang selain menyampaikan langkah-langkah kongkrit kedepan berkaitan dengan kontribusi nyata dari Para professor ilmu terapan Indonesia. Sedangkan Dr. Ir. Rachmad Imbang Tritjahjono menyampaikan potret perjalanan politeknik Indonesia dari masa ke masa sekaligus menjadi evaluasi untuk penyiapan Dosen Politeknik Indonesia dimasa depan sesuai dengan perkembangan jaman dan budaya.

Acara diakhiri dengan Wrap-up dari Ketua dan pengurus ISAS sekaligus melakukan Deklarasi terbentuknya Dewan Guru Besar Ilmu Terapan (Vokasi) Indonesia sesuai kesepakatan bersama serta tindak lanjut dari kegiatan yang diadakan baik lingkup nasional dan internasional.

Sumber: Humas ISAS

Leave a Comment

https://ningbaya.poltekkesdepkes-sby.ac.id/user/slot-gacor-terbaik/ https://hmif.itenas.ac.id/public/maxwin/ https://lpm.usp.ac.id/dana/ https://kursusvmlepkom.gunadarma.ac.id/local/demo/ https://bkd-nonsertifikasi.uinmataram.ac.id/js/slot-gacor-terpercaya/