Pada tanggal 26 – 28 Mei 2021 menjadi hari yang penting bagi organisasi ISAS, dimana kongres dihadiri oleh para anggota tetap ISAS. Dalam Kongres yang dijalankan secara luring terbatas melalui protokol kesehatan yang ketat ini dengan Agenda utama adalah pembuatan sekaligus pengesahan AD/ART beserta singkronisasi program/kegiatan antara Bidang dalam ISAS dengan isu-isu terkini Penggiat Vokasi.

Arahan Ketua FDPNI

Dalam pembukaan kegiatan dari Ketua Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia Bpk. Dr. Zainal Arief, yang juga selaku Direktur PENS Surabaya, mengatakan kegiatan pertemuan hari ini menjadi sangat penting untuk mendukung terciptanya perluasan aksesibilitas dari Politeknik di sampai pada level Internasional selain sudah jelas mendukung Politeknik termaksud dosen-dosen secara khusus dalam mendukung kinerja mereka.

Lebih lanjut dalam rangkuman arahan yang diberikan bahwa ISAS perlu melakukan perluasan akses sehingga tidak eksklusif sekaligus memperkenalkan Politeknik sebagai Pendidikan Tinggi seperti pada umumnya pada kancah internasional selain memastikan aktivitas ISAS tetap mendukung kebijakan-kebijakan dari pemerintah melalui FDPNI.

Paparan Ketua ISAS

Hal yang sama dipertegas ketua ISAS, Prof. Adrianus Amheka, bahwa dirapkan program kerja tiap bidang dalam ISAS perlu memastikan target-target jangka pendek/menengah dan jangka Panjang yang terukur. Beliau menyampaikan pentingnya melakukan pemetaan dan mengklasterkan setiap program/kegiatan ISAS dalam lingkup Nationally dan Globally-orientated dengan mengoptimalkan sumberdaya ISAS.

Selain mengingatkan kembali fungsi dan kedudukan ISAS diantara organisasi resmi lainnya, beliau menyampaikan dalam kurun waktu 5 tahun kedepan diharapkan ISAS sudah mulai membangun jejaring internasional sebagai fondasi awal dalam loncatan ekspansi aktivitas ISAS untuk bisa dikenal global sekaligus membawa visi ISAS yaitu “Terciptanya kolaborasi dan sinergi para pengembang teknlogi terapan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia”.

Dukungan dan penyelarasan terhadap kebijakan Pendidikan vokasi melalui penggiat vokasi nasional menjadi arah pijakan rencana program/kegiatan tiap Bidang dalam kurun waktu 2 tahun kedepan.

Dalam kesempatan Kongres tersebut dihadiri oleh semua anggota ISAS terbatas dari seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia yang menyampaikan rencana program/kegiatan.

Paparan Masing-masing Koordinator

Adapun para koordinator bidang antara lain Dr. Udin Harun Al Rasyid, Dr. Yuhefizar, Dr. Noor Cholis Basjaruddin, Dr. Tedjo Mulyono, Dr. Jeanely Rangkang, Wardika, M.Eng, Moh. Jauhari, M.T. beserta semua anggota baik secara daring dan luring.

Dalam kegiatan kongres ini juga perwakilan dari kegiatan Konferensi Internasional: The 4th International Conference on Applied Science and Technology (iCAST) 2021 https://icast.isas.or.id/2021/ yang akan dilaksanakan di Politeknik Negeri Samarinda yang diwakilkan koordinator Bidang Konferensi dan Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) 2021 https://sentrinov.isas.or.id/2021/ yang akan dilaksakan di Politeknik Negeri Jember yang diwakilkan oleh Dr. Budi Haryono beserta tim Politeknik Negeri Jember.

Arahan Pengawas ISAS

Dalam kegaiatan ini juga hadir sekaligus memberikan arahan dalam pembuatan AD/ART yaitu Pengawas ISAS Bpk Dr. Rachmad Imbang Tritjahjono, yang juga selaku Direktur Politeknik Negeri Bandung, yang mewakili para pengawas lainnya yaitu Bpk. Dr. Ing. Ahmad Taqwa, selaku Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya dan Prof. Lilik Sudiajeng dari Politeknik Negeri Bali.

Sebelum penutupan diadakan pemaparan luaran kegiatan berupa drafting AD/ART yang telah disepakati bersama.

Leave a Comment