Kampus II POLMAN Bandung Mendukung KEK Metropolitan Rebana

Ditjen Diksi, Bandung – Politeknik Manufaktur (Polman) Bandung akan segera membuka kampus II yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Hal tersebut ditandai dengan penyerahan sertifikat tanah oleh Bupati Majalengka Karna Sobahi guna pembangunan Kampus II Polman kepada Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto (8/2).

“Kampus yang akan menerapkan Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, ‘link and match’, project-based learning, serta teaching factory ini diharapkan akan mencetak SDM, khususnya wirausaha-wirausaha muda di bidang engineering dan digital,” ungkap Wikan.

Adapun program studi yang akan dihadirkan, yakni sebanyak 76 prodi yang dapat menyerap mahasiswa hingga mencapai 16 ribu mahasiswa. Lulusan Polman ini juga diharapkan mampu menyokong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Metropolitan Rebana.

Untuk diketahui, Kawasan Metropolitan Rebana merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jawa Barat yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, serta Kota Cirebon.

Dalam acara penyerahan sertifikat tersebut disaksikan pula oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. “Peran Polman di Majalengka itu sangat strategis, harus dibuat juga teknologi 3D printing-nya. Pada 2024, peran Polman harus sudah terlihat. Saya titip finance juga diberikan pengembangan. Kita rapatkan barisan agar Indonesia menjadi lebih hebat,” ujar Luhut.

Kampus II Polman Akan Hadir di Majalengka

Luhut berharap, pada 2024 peran Polman dapat terasa oleh masyarakat Ciayumajakuning (Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan).

Di samping itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut menyampaikan peran strategis Kampus II Polman agar dapat merespon Kawasan Metropolitan Rebana. “Itulah mimpi kita, bahwa Polman harus merespon kawasan The Future West Java, yaitu Metropolitan Rebana yang akan hadir 13 kota baru, serta melahirkan 4,5 juta lapangan pekerjaan. Rebana dapat membantu ekonomi nasional sebanyak 2-3 persen,” Ungkap Ridwan.

Sumber: https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/kampus-ii-polman-akan-hadir-di-majalengka

Leave a Comment

https://binasriwijaya.ac.id/files/sdana/ http://earsip.unitomo.ac.id/assets/sgacor/ https://crg.spa.msu.ru/wp-content/sdana/ https://absensi.bombanakab.go.id/public/upload/ https://stieykp.ac.id/uploads/sdemo/ https://pengaduan.ikippgriptk.ac.id/images/sdemo/ http://inventaris.ummy.ac.id/uploads/sdana/