Acara tahunan ke-4 yang digelar Politeknik se-Indonesia the 4th International Conference on Applied Science and Technology (iCAST) 2021, diikuti oleh 352 paper riset atau karya ilmiah yang lolos seleksi dari 416 pendaftar baik dari dalam dan luar negeri yang dipresentasikan pada ajang bergengsi tahunan yang berlangsung di Politeknik Negeri Samarinda pada tanggal 23-24 Oktober 2021. iCAST 2021. Momen itu dihelat di Balroom Hotel Mercure Lantai 5 Jalan Panglima Batur Samarinda dan dikuti oleh ratusan partisipan lainnya baik secara daring dan luring.

Menghadirkan nara sumber (narsum) kompeten internasional. Seperti Prof. Arshad Ahmad dari School of Chemical and Energy Engineering Universiti Teknologi Malaysia dan Prof Peter Seehan dari Victoria University Melbourne Australia.

Kemudian ada Gubernur Kaltim, Dr. Ir. H. Isran Noor, M.Si, Direktur Bisnis dan Syariah Bank Kaltimtara, Dr Hairuzzaman dan Ketua Forum Direktur Politeknik se-Indonesia Dr. Zainal Arief. “ICAST ini sebagai wahana bagi seluruh dosen Politeknik se-Indonesia untuk menunjukkan keahliannya di bidang riset masing-masing. Bertujuan untuk mendorong hilirasi riset terapan yang dapat menjadi pemecah solusi ditengah kesulitan bangsa,” ujar Direktur Polnes, Ramli, S.T, M.Eng. didampingi Wakil Direktur (Wadir) III, Ahyar Muhammad Diah, Ph.D.

Pesan Ramli bagi seluruh dosen Polnes maupun 44 Politeknik se-Indonesia agar terus meningkatkan semangatnya dalam melakukan riset. Kemudian terus mempublikasikan hasilnya pada berbagai platform ilmiah yang memiliki reputasi baik. Dengan begitu hasil pemikiran dan penelitian para dosen itu dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat nasional maupun internasional. “Ayo jadikan momen ini untuk meningkatkan kompetensi dan menggali kemampuan yang dimiliki,” ajak Ramli diamini Ketua Panitia Acara iCAST 2021 Polnes, Amiril Azizah, Ph.D dan Humas Polnes, Fathamsyah.

Amiril Azizah menguraikan bahwa setiap paper riset atau peserta diberi waktu 15 menit untuk memaparkannya secara daring. Rinciannya 10 menit pemaparan dan 5 menit tanya jawab dengan memanfaatkan Teknologi Informasi sehingga menghasilkan paper karya ilmiah yang layak dan bisa dipertanggung jawabkan kepada masyarakat ilmiah. Semua paper tesebut yang lolos, akan diteruskan ke publisher jurnal bereputasi Atlantis Press dan Sciete Prees Digital Library.

Gubernur Kaltim, Isran Noor, mengapresiasi acara iCAST 2021 dari 44 Politeknik di Polnes ini yang dihadiri oleh berbagai kalangan. Karena diakuinya dengan kegiatan itu bisa meningkatkan pembangunan ekonomi global yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi hijau. Kemudian saat ini dunia, khususnya Indonesia dan Kalimantan timur menghadapi berbagai tantangan dan persoalan global. “Diharapkan dengan berbagai riset dari dosen ini bisa menjadi solusinya. Kemudian tantangan kedepan yakni lembaga pendidikan mampu menciptakan pendidikan yang efisisen dan produktif,” ujar orang nomor satu di Kalimantan Timur ini.

Selanjutnya dalam sambutan Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarianto, Ph.D memberikan dukungan penuh pada iCAST 2021 sekaligus memberikan infomasi kebijakan Pendidikan Vokasi yang diharapkan dukungan Penguatan Indonesia dalam menjawab berbagai permasalahan bangsa.

Selanjutnya, terutama kegiatan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan dosen dengan publikasi jurnal riset karya ilmiah ini diamini Prof. Adrianus Amheka, selaku ketua ISAS yang dipercayakan mengelola kegiatan tahunan internasional ini.

Berita disesuaikan dari berita lengkap di https://nomorsatukaltim.com/index-berita/pendidikan/ns-20211023/polnes-sukses-gelar-icast-2021/

Leave a Comment